HukumInternasionalPolitik

Xanana Gusmao Kembali Jadi Perdana Menteri Timor Leste

XANANA GUSMAO baru saja dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Timor Leste. Tokoh pejuang kemerdekaan Timor Leste itu kembali berkuasa setelah hampir satu dekade meninggalkan pemerintahan. Gusmao sendiri merupakan mantan presiden pertama negara tersebut.

Partai National Congress for Timorese Reconstruction (CNRT) yang dinaungi Gusmao menang dengan meraih 41,6 persen suara dalam pemilihan parlemen pada akhir Mei lalu. Sementara lawan utama partainya, Fretilin mendapat 25,7 persen suara, menurut komisi pemilihan umum setempat, seperti dilansir AFP, Sabtu (01/07/2023).

Setelah meninggalkan kursi kepresidenan, Kay Rala Xanana Gusmão terpilih sebagai Presiden partai politik yang baru didirikan yang dibentuk pada April 2007, CNRT – “Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor-Leste”.

Pada tahun tersebut pula Xanana Gusmao menjadi Perdana Penteri (PM) Timor Leste dan memegang jabatan itu hingga 2015, ketika dia mengundurkan diri, dengan mengatakan sudah waktunya bagi generasi pemimpin yang lebih muda.

Kini Gusmao kembali berkuasa setelah hampir satu dekade dia meninggalkan pemerintahan. Lebih dari dua dekade setelah kemerdekaan dari Indonesia, Timor Leste masih berjuang untuk mengembangkan ekonominya, dengan lebih dari 40 persen dari 1,3 juta penduduknya hidup dalam kemiskinan.

“Visi saya untuk rakyat adalah agar mereka lebih sejahtera, terdidik, berkualitas dan inovatif, menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan mengutamakan sektor-sektor produktif sehingga kita dapat membangun ekonomi yang lebih baik,” kata Gusmao dalam pidato pelantikannya seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (1/7/2023).

Pemimpin yang kini berusia 77 tahun itu, juga berjanji untuk memperbaiki hukum negara itu dan mengembangkan proyek pipa gas. “Pemerintah akan memprioritaskan meninjau sistem peradilan serta pembangunan, mulai dari desa-desa, juga untuk membawa pipa Greater Sunrise ke Timor Leste,” kata Gusmao dalam pidato pelantikannya.

Timor Leste mengadakan pemilihan parlemen kelimanya pada tanggal 21 Mei 2023, yang bertepatan dengan hari peringatan kemerdekaannya yang ke-21 tahun. Partai Gusmao, National Congress for Timorese Reconstruction (CNRT) menang dengan meraih 41,6 persen suara dalam pemilihan parlemen pada akhir Mei lalu. Sementara lawan utama partainya, Fretilin mendapat 25,7 persen suara, menurut komisi pemilihan umum setempat.

(Photo by VALENTINO DARIELL DE SOUSA / AFP)

Lantas seperti apa sosok Xanana Gusmao itu? Simak profil lengkap tentang mantan presiden pertama Timor Leste yang kini menjadi PM Timor Leste berikut ini:

Profil Xanana Gusmao

Mengutip situs resmi Pemerintah Timor Leste, pria bernama lengkap Kay Rala Xanana Gusmão itu lahir pada tanggal 20 Juni 1946. Pria yang kini berusia 77 tahun ini lahir di Manatuto, Timor Leste. Dia dibesarkan di pedesaan, dengan seorang saudara laki-laki dan lima saudara perempuan. Ayahnya adalah seorang guru sekolah.

Nama Lengkap: Kay Rala Xanana Gusmão

Tanggal Lahir: 20 Juni 1946

Tempat Lahir: Manatuto, Timor-Leste

Jabatan Sekarang: Perdana Menteri (PM) Timor Leste

Gusmao menyelesaikan sekolah dasar dan memulai sekolah menengah di misi Katolik “Nossa Senhora de Fátima” di Dare dan melanjutkan ke Dili. Dia mulai bekerja, di mana saat pagi hari sebagai surveyor sewaan dan sore hari mengajar di sekolah Cina.

Melalui sejarah panjang hingga mencapai kemerdekaan Timor Leste, setelah masa kemerdekaan tepatnya pada 14 April 2002, Kay Rala Xanana Gusmão terpilih sebagai Presiden Timor-Leste dan dilantik sebagai Presiden Republik Demokratik Timor-Leste pada 20 Mei 2002. Dia menjabat sebagai Presiden Republik hingga akhir masa jabatannya pada Mei 2007. (MTM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *