Uncategorized

Waktu Mustajab di Hari Jumat

HARI Jumat adalah hari spesial bagi umat Islam, di hari ini juga ada waktu mustajab yang bisa dimanfaatkan untuk berdoa karena Allah SWT akan mengabulkan semua doa. Ada beberapa sunah yang bisa dijalankan setiap hari Jumat seperti sedekah, membaca surat Al Kahfi hingga zikir di sepanjang hari. Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa hari Jumat merupakan hari yang agung. “Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari yang paling agung di sisi Allah.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Disebutkan ada satu kesempatan yang tak boleh dilewatkan bagi umat muslim saat hari Jumat tiba. Setelah Ashar, merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Siapapun yang berdoa dan meminta Rahmat dari Allah SWT pasti akan dikabulkan, hal ini sesuaiĀ  dengan Hadits Rasulullah SAW, “Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), diantara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar.” (HR Abu Dawud). Penjelasan terkait hadist ini pun dijabarkan oleh beberapa ulama. Banyak yang menyebutkan bahwa waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah setelah Ashar hingga menjelang terbenamnya matahari atau Maghrib.

Adab dalam berdoa

Allah SWT Maha Penyayang maka setiap umatnya berdoa dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan. Meskipun demikian, ada beberapa adab yang harus dilakukan ketika berdoa, diantaranya usahakan berdoa dalam keadaan bersih atau dimulai dengan berwudhu, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan dan sampaikan doa tanpa tergesa-gesa. Dalam hadist oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (HR Imam Bukhari). Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapat saat yang tidak mendapatkannya seorang hamba muslim, sedang ia berdiri salat meminta suatu kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan memberi apa yang dimintanya.”(HR. Malik, Ahmad, Muslim, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Itulah keutamaan hari Jumat dan waktu mustajab untuk memohon doa kepada Allah SWT. Tentu niat baik harus menjadi landasan agar keimanan kita semakin meningkat dan hanya bergantung pada Allah SWT. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *