Hiburan/OlahragaInternasional

Selamat! Garuda Muda Indonesia Juara di SEA Games 2023

TIMNAS U-22 Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023. Keberhasilan ini sekaligus menandai usainya penantian panjang 32 tahun. Medali emas SEA Games 2023 diraih setelah Thailand sukses dikalahkan di partai final. Bermain di Olympic Stadium, Phnom Penh, Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor telak 5-2 dalam laga yang berjalan dramatis, Selasa (16/05/2023).

Indonesia bersorak sejak laga baru berjalan satu babak. Dua gol Ramadhan Sananta pada menit ke-21 dan 45 membuat kemenangan seakan sudah sangat dekat dengan Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia yang unggul 2-0 justru mendapat lampu kuning setelah Thailand mencetak gol balasan lewat Anan Yodsangwal pada menit ke-65. Dengan keunggulan yang menipis menjadi 2-1, Indonesia didorong untuk terus waspada dan fokus di sisa waktu laga. Pada detik-detik akhir laga, Indonesia harus merelakan gawangnya dibobol kembali oleh Yotsangkorn Burapha. Skor akhirnya menjadi 2-2 dan kedua tim terpaksa masuk ke babak perpanjangan waktu.

Awal perpanjangan waktu Indonesia bisa unggul lagi dengan mengubah skor menjadi 3-2. Adalah Irfan Jauhari yang mencetak gol tersebut pada menit ke-91. Selepas Indonesia membalikkan keunggulan, ada dua gol lagi yang tercipta bagi kubu Garuda Muda sehingga skor menjadi 5-2 bagi keunggulan Indonesia. Kedua gol tersebut dicetak oleh Fajar Fathur Rahman pada menit ke-107 dan Beckham Putra pada menit ke-120.

Penantian 32 Tahun

Bagi Indonesia, keberhasilan meraih medali emas ini adalah hal yang sangat penting. Sebab, ini menandai berakhirnya penantian panjang untuk kembali merebut emas dari cabor sepakbola di ajang SEA Games.

Ya, Indonesia memang sangat lama tidak meraih medali emas lagi. Terakhir kali sepak bola Indonesia bisa mendulang emas adalah pada tahun 1991 saat SEA Gamea digelar di Manila. Saat itu, skuad Indonesia diperkuat oleh sejumlah nama beken seperti Robi Darwis, Rochi Putiray, serta Widodo Cahyono Putro dan menghadapi Thailand di partai final. Hasilnya, Indonesia menang melalui adu penalti.

Selepas edisi 1991, cabor sepak bola di SEA Games tidak lagi dikuasai Indonesia. Sejak berlalunya SEA Games 1991, Vietnam, Thailand, dan Malaysia muncul silih berganti sebagai peraih medali emas.

Pada tahun 2023 ini, Indonesia kembali menunjukkan tajinya. Keberhasilan Indonesia meraih medali emas adalah tanda bahwa mereka kini telah mengakhiri penantian panjang selama 32 tahun.

Selamat untuk Garuda Muda Timnas U-22 Indonesia. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *