HukumInternasionalPolitik

Sambut Pemimpin ASEAN, Presiden Jokowi: Selamat Datang di Labuan Bajo

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara ASEAN yang akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42, di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/05/2023) pagi.

Presiden Jokowi menyambut kedatangan, menyalami, dan berfoto bersama para pemimpin ASEAN di depan lobi Hotel Meruorah, Labuan Bajo, yang menjadi lokasi pertemuan-pertemuan puncak KTT. Selanjutnya Presiden mempersilakan masing-masing pemimpin untuk menunggu sejenak di lobi hotel.

President Joko Widodo officially opens the 42nd ASEAN Summit at Meruorah Hotel Labuan Bajo.

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen adalah pemimpin negara ASEAN yang pertama tiba di lokasi acara. Kemudian secara berurutan diikuti oleh PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak. Urutan ketibaan selanjutnya adalah PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai, serta PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Pemimpin negara anggota ASEAN yang tidak hadir di Labuan Bajo adalah dari Thailand dan Myanmar. PM Thailand Prayut Chan-o-cha tidak hadir karena negara tersebut akan menyelenggarakan pemilu pada tanggal 14 Mei. Sedangkan Myanmar, sesuai dengan kesepakatan para pemimpin ASEAN sebelumnya, yang diundang adalah dari non-political level.

Selepas menyambut seluruh pemimpin negara peserta KTT ASEAN maupun yang mewakili, Presiden Jokowi tampak berbincang sejenak dengan mereka di lobi hotel. Selanjutnya para pemimpin ASEAN melakukan sesi foto bersama di pelataran belakang lobi hotel dengan latar belakang kapal pinisi yang telah berbalut aksen logo “ASEAN Indonesia 2023”. Para pemimpin selanjutnya mengikuti pleno sesi pembukaan KTT Ke-42 ASEAN yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

President Joko Widodo officially opens the 42nd ASEAN Summit at Meruorah Hotel Labuan Bajo. (Photo credit: ASEAN2023 Host Photographer)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. “Selamat pagi Yang Mulia para pemimpin ASEAN, Selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Indonesia” ujar Presiden mengawali KTT.

Para pemimpin ASEAN yang hadir dalam pertemuan adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai, serta PM Vietnam Pham Minh Chinh. Hadir juga Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak. “Dan, Yang Mulia Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste, selamat bergabung di keluarga ASEAN,” ujar Presiden.

Pada keketuaan di ASEAN kali ini, Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, yaitu ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Sebelumnya, dalam keterangan pers usai peninjauan persiapan penyambutan pemimpinan ASEAN di Bandar Udara (Bandara) Internasional Labuan Bajo, Minggu (07/05/2023), Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemilihan Labuan Bajo sebagai lokasi KTT ASEAN adalah momentum untuk memperkenalkan potensi Labuan Bajo kepada ASEAN maupun dunia. “Ini adalah momentum yang sangat baik, kita selenggarakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo sehingga semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur,” ujar Presiden. (Setkab RI/MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *