DaerahMiliterNasionalPolitik

Replika Kraton Majapahit Diapresiasi Menhan Prabowo

Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menghadiri peresmian Replika Kraton Majapahit Jakarta, di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/5). Replika istana Majapahit yang dibangun oleh Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono ini merupakan replika dari sebagian Istana Raja Majapahit yang pernah ada di Jawa Timur pada tahun 1292-1526 M.

Menhan Prabowo dalam sambutannya mengungkapkan kekagumannya atas dibangunnya Replika Kraton Majapahit Jakarta ini. “Saya sangat kagum, saya ucapkan selamat, luar biasa. Peresmian Kraton Majapahit Jakarta adalah sebuah gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono, suatu inisiatif yang luar biasa dan membanggakan.” Menhan Prabowo juga menegaskan bahwa budaya Indonesia harus dijaga dan dipertahankan.

“Kalau bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Dan inilah cara-cara kita untuk selalu melestarikan dan menghormati budaya kita,” ujar Menhan Prabowo.

Dalam peresmian ini Menhan Prabowo juga melaksanakan penandatanganan prasasti untuk Kraton Majapahit Jakarta yang bertuliskan “Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional.” Menhan Prabowo juga menerima cinderamata dari AM Hendropriyono berupa patung Pangeran Diponegoro.

Turut hadir dalam peresmian Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua MPR RI Bambang Susatyo, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menkominfo Budi Arie, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit P., KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Ketua LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri, Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsuddin, Chairul Tanjung, Prof. Jimly Asshiddiqie, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, Marsekal TNI (Purn) Joko Suyanto, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

Replika Kraton Majapahit Jakarta yang berlokasi Kraton Majapahit Jakarta ini berada di Raya Mabes Hankam No.45, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur ini diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga bisa menyakinkan generasi muda Indonesia bahwa Indonesia sejak dulu adalah bangsa yang besar.

Replika Kraton Majapahit ini dibangun seperti aslinya pada masa lalu dengan skala kecil yang terdiri dari sejumlah fasilitas layaknya Kraton Majapahit sebenarnya, antara lain Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada dan Alun-Alun Wilwatikta.

source (Biro Humas Setjen Kemhan)/mataharitamboramedia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *