Ekonomi & BisnisHukumInternasionalPariwisataPolitik

Rangkaian Kegiatan Kunjungan Kaisar Jepang Naruhito di Indonesia

KAISAR Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023. Berikut beberapa rangkaian kegiatan kunjungan Kaisar Jepang Naruhito di Indonesia:

Tiba di Jakarta

Kaisar Jepang bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, sekira pukul 16.20 WIB. Menyambut ketibaan Kaisar Jepang bersama Permaisuri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi. Dalam kunjungannya tamu istimewa tersebut akan menyempatkan diri untuk mengunjungi depo MRT Lebak Bulus.

Seperti diketahui Seperti diketahui, proyek Pembangunan MRT dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta didukung oleh dana pinjaman Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Mayoritas pengerjaan MRT Jakarta fase I juga dilakukan oleh sederet kontraktor Jepang.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada bulan Juli 2022. “Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucapnya.

Kaisar Jepang Naruhito mengunjungi Waduk Pluit di hari pertama kunjungannya ke Indonesia. Naruhito bicara peran penting Waduk Pulit mencegah banjir di Jakarta. “Yang kedua setelah itu beliau mengunjungi lokasi kedua yaitu stasiun pompa waduk pluit. Bapak ibu sudah tahu kan ya, pluit sudah terkenal juga,” kata Juru bicara Kaisar Jepang Shiojiri Kojiro, di Hotel Indonesia, Minggu (18/6/2023).

Kojiro mengatakan kalau Naruhito bicara pentingnya stasiun pompa Waduk Pluit dalam mencegah banjir yang ada di Jakarta. Hal itu, katanya, stasiun pompa waduk Pluit dapat mencegah penurunan tanah di kota Jakarta. “Seperti kita ketahui kalau misalnya sarana atau fasilitas seperti stasiun pompa Pluit ini kalau umpama tidak ada, kota Jakarta selalu terkena banjir atau tergenang air,” katanya.

“Dan saya ingin sampaikan secara singkat dan kalau misalnya sarana tersebut tidak ada, Jakarta bisa banjir. Dan itu ada gunanya juga untuk mencegah penurunan tanah di kota Jakarta,” tambahnya.

Selain itu, Naruhito kata Kojiro menambahkan, sarana di pluit tersebut sudah ada sejak lama. Namun, katanya, fasilitas tersebut sempat rusak tahun 2009. “Sebenarnya sarana di Pluit tersebut itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun kemudian pada tahun 2009, fasilitas tersebut terkena satu kerusakan berat,” imbuhnya.

Kojiro mengatakan setelah itu perbaikan dilakukan dalam kerja sama Indonesia-Jepang pada 2014. Kerja sama itu disaksikan oleh Naruhito. “Setelah itu Jepang Dan Indonesia bekerjasama untuk membangun kembali fasilitas tersebut sejak tahun 2014. Fasilitas tersebut sudah disaksikan dan dikunjungi oleh kaisar,” ujarnya.

Presiden Sambut Kunjungan Kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (19/06/2023). Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik tahta menjadi Kaisar Jepang pada 1 Mei 2019.

Iring-iringan kendaraan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di pintu gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB dengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian menyambut keduanya saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sementara itu, delegasi Jepang yang hadir antara lain Head of Official Suit Fukuda Yasuo, Duta Besar Jepang untuk RI Kanasugi Kenji, Grand Steward of the Imperial Household Nishimura Yasuhiko, Grand Chamberlain to the Emperor Bessho Koro, Grand Master of the Ceremonies Imperial Household Ihara Junichi, dan Press Secretarty to the Emperor Shiojiri Kojiro.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kemudian mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, keempatnya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.

Selain itu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana juga memperlihatkan ikan arwana super red kepada Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako. Ikan arwana jenis ini banyak ditemukan di sungai Kalimantan Barat, terutama di danau Sentarum dan sungai Kapuas yang merupakan habitat asli dari ikan arwana merah.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bersama Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan penanaman pohon Gaharu bersama di halaman belakang Istana Bogor. Keempatnya juga tampak menyiram pohon secara bersama-sama setelah ditanam.

Selepas itu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana mengajak Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menuju ke Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor untuk meninjau koleksi anggrek yang ada. Presiden Jokowi tampak berada di kursi kemudi saat keempatnya menaiki mobil golf menuju ke Kebun Raya Bogor.

Setelah melakukan pernyataan pers bersama, Presiden Joko Widodo dan Kaisar Naruhito kembali ke Istana Bogor untuk selanjutnya mengadakan pertemuan empat mata atau tête-à-tête. Sementara itu, Ibu Iriana mengadakan acara pendamping bagi Permaisuri Masako di Ruang Perak.

Rangkaian acara kunjungan kenegaraan ini kemudian ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan di Ruang Garuda. Dalam jamuan makan siang, Presiden dan Ibu Iriana berbincang hangat dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako.

Presiden Joko Widodo antara lain bercerita mengenai kebinekaan yang dimiliki Indonesia hingga kesamaan hobi naik gunung dengan Kaisar Naruhito. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga menjelaskan mengenai batik dan filosofinya.

Berkunjung ke TMP Kalibata

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan disambut Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan saat tiba di lokasi. Kegiatan ini bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya ke Indonesia. Kegiatan kunjungan ke TMP Kalibata ini dilakukan pada Selasa (20/6/2023) pagi.

Keduanya melakukan upacara penghormatan di lokasi. Upacara dilakukan di tugu TMP Kalibata. Beberapa lagu penghormatan pun mengiringi upacara tersebut, termasuk ‘Mengheningkan Cipta’. Sesekali Kaisar dan Permaisuri membungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan. Setelah itu, keduanya menyempatkan diri meletakkan karangan bunga di dekat tugu TMP Kalibata. Setelah upacara selesai, Kaisar dan Permaisuri meninggalkan lokasi. Keduanya berada di TMP Kalibata sekitar 30 menit.

Berkunjung ke Museum Nasional (Monas)

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dan Permaisuri Masako mengunjungi Museum Nasional (Monas) Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan hal itu bukti ketertarikan mereka terhadap kebudayaan Indonesia. “Kunjungan Kaisar ini buat kita sangat istimewa dan memperlihatkan kunjungan Kaisar ini tidak melulu soal ekonomi dan kerja sama geopolitik di kawasan, namun juga soal kebudayaan,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid di Monas Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Hilmar mengaku kunjungan Kaisar Naruhito sangat bermakna baik bagi Kemendikbudristek maupun Museum Nasional mengingat Kaisar Jepang itu sangat terkesan dengan berbagai koleksi di museum ini.

Ia bercerita Kaisar Naruhito sangat berminat dengan seluruh penjelasan yang disampaikan oleh para Kurator Museum Nasional mulai dari mengenai peradaban manusia di Indonesia, keragaman budaya dan kesenian, sistem irigasi hingga koleksi emas. “Kaisar memang punya perhatian khusus soal air karena dulu bidang studinya adalah itu. Tapi setelah saya lihat tadi minatnya sebenarnya lebih luas tidak hanya air tapi juga soal sejarah, kebudayaan dan bahasa,” ucapnya.

Bahkan Kaisar Naruhito beserta rombongan sempat takjub ketika Hilmar menjelaskan bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau dengan 1.100 etnik serta 600 bahasa. Hilmar menuturkan bagi Kaisar dan Permaisuri Jepang hal tersebut sangat menarik mengingat Indonesia tetap bisa hidup berdampingan, bersatu, dan damai, meski banyak perbedaan. “Yang mereka bilang menakjubkan karena ternyata kita bisa hidup bersama di negeri yang begini besar. A country so diverse,” jelasnya.

Kepala Monas, Ni Luh Putu Candra Dewi mengatakan, koleksi-koleksi yang dikunjungi oleh Kaisar Naruhito di museum ditentukan langsung oleh pihak Jepang yang disesuaikan dengan keinginan dan ketertarikan Kaisar. “Koleksi-koleksi yang dikunjungi oleh Kaisar terutama Prasasti Tugu itu ditentukan langsung oleh pihak Jepang,” tutupnya.

Kunjungan dilanjutkan ke Universitas Darma Persada yang merupakan milik Yayasan Melati Sakura dan bernaung di bawah perhimpunan persahabatan Indonesia Jepang. Dilanjutkan dengan mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri M2100 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. SMK Mitra Industri M2100 merupakan sekolah yang didirikan dan dikelola oleh perusahaan Jepang.  Kaisar Naruhito meninjau salah satu ruang pratek mobil yang ada di SMK Mitra Industri M2100.

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Indonesia. Selama kunjungannya di Jogja, Kaisar Naruhito tidak didampingi Permaisuri Masako. Kaisar Naruhito beserta rombongan tiba di Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, pada Rabu (21/06/2023) pukul 11.55 WIB. Setelahnya langsung bertolak ke Hotel Tentrem, Jetis, Kota Jogja.

Rombongan tiba di Hotel sekitar pukul 12.20 WIB. Setibanya di Hotel, Kaisar Naruhito disambut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Kaisar Naruhito juga disambut dengan dengan Tarian Gambyong Pareanom dan dikalungi rangkaian anggrek berwarna putih. Ia tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam. Selanjutnya Kaisar Naruhito dijadwalkan akan mengunjungi Balai Teknik Sabo, Maguwoharjo, Sleman, guna meninjau Proyek Dam Sabo atau Bendungan Sabo bersama Menteri Basuki.

Menurut Basuki, ketertarikan Kaisar Naruhito pada air terlihat saat mereka bertemu di dua event yang berbeda yakni High Level Expert Disaster dan World Water Forum. “Selalu beliau hadir tentang pengelolaan air. Jadi waktu beliau ada kunjungan ke Indonesia, beliau ingin lihat sabo,” kata Basuki dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (21/6/2023).

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito mengunjungi Keraton Yogyakarta untuk bertemu Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pertemuan antara Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X dilakukan di kompleks Keraton Yogyakarta.

Saat menemui Kaisar Naruhito, Sultan menggunakan pakai adat Jawa sebagai simbol Raja Keraton Yogyakarta. Usai bersalaman dan foto bersama, keduanya pun langsung masuk ke dalam keraton. Kepada Kaisar Naruhito, Sultan memperlihatkan sejumlah benda koleksi Keraton Yogyakarta, diantaranya batik, keris, dan wayang. Selain itu, Naruhito juga disuguhkan pertunjukkan tari-tarian yang khusus dipentaskan dihadapan tamu kerajaan. Pertemuan antara Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta ini pun ditutup dengan jamuan makan malam.

Kaisar Jepang Naruhito mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (21/6/2023). Kaisar Jepang naik sampai ke lantai sembilan Candi Borobudur dan berada di lantai atas candi selama sekitar 30 menit.

Staf Edukator Museum dan Cagar Budaya Mura Aristina usai memandu Kaisar Naruhito menaiki Candi Borobudur menjelaskan, Kaisar hanya naik sampai ke lantai sembilan karena lantai 10 Candi Borobudur dikhususkan untuk peribadatan. “Kami jelaskan bahwa lantai paling atas atau lantai 10 khusus untuk peribadatan dan Beliau sangat memahami dan menghormati,” kata Mura. Kaisar Naruhito sempat memotret beberapa relief Candi Borobudur menggunakan kamera telepon seluler.

Pulang ke Jepang, Kesan dan Pesan dari Kunjungannya di Indonesia

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako kembali ke Jepang, Jumat (23/06/2023). Keduanya mengunjungi Indonesia selama hampir sepekan sejak Sabtu 17 Juni 2023 lalu. Pada press briefing Kamis malam (22/06/2023), disebutkan Sekretaris Pers Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro bahwa rombongan Kaisar Naruhito meninggalkan hotel di Jakarta untuk kembali ke Jepang selepas pukul 10.00 WIB.

Shiojiri Kojiro belum bisa menjanjikan kapan sang Kaisar Jepang akan berkunjung lagi, namun ia berkata Kaisar Naruhito mendapatkan kesan-kesan positif selama di Indonesia. Banyak warga yang antusias bertemu dengan Kaisar Naruhito. Banyak warga yang datang di lokasi yang didatangi Kaisar Naruhito, meski pihak kekaisaran tidak mengungkap jadwal kunjungan.

Hal lain yang diharapkan oleh pihak kaisar adalah diperkuatnya pertukaran antara Jepang dan Indonesia, agar komunikasi semakin terbangun. Jepang juga tidak pilih-pilih terkait bidang studi apa yang perlu dipelajari orang Indonesia di Jepang. Kojiro berkata Kaisar Jepang juga mengajak warga Indonesia agar ke Jepang. Meski internet sekarang memberikan banyak informasi, warga Indonesia tetap diajak ke Jepang untuk berkomunikasi dengan warga.

Harapan pihak Kaisar adalah agar semakin banyak generasi muda Indonesia-Jepang yang semakin ingin belajar di negara satu sama lain. “Kalau tidak salah Indonesia memiliki jumlah belajar bahasa Jepang paling banyak, begitu banyak jumlahnya yang belajar Bahasa Jepang. Mereka-mereka itu misalnya ada mencari kesempatan untuk melanjutkan kuliah di Jepang, misalnya, begitu juga orang Jepang yang tertarik pada Indonesia dan di Indonesia belajar banyak hal. Itu pun suatu bentuk pertukaran antar generasi muda,” ujar Kojiro. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *