HukumMiliterNasionalPolitik

Menhan Prabowo dan Menlu Retno Bertemu Presiden Prancis, Perkokoh Kemitraan Strategis

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Prancis Emmanuel Macron, di Istana Elysee, Jumat (21/07/2023).

Dalam pertemuan itu Menhan Prabowo dan Presiden Macron membahas kesiapan Indonesia untuk memperkokoh kemitraan strategis dengan Prancis berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan.

Selain itu juga, dibahas kerja sama pertahanan kedua negara yang tidak hanya soal jual beli alutsista, namun juga transfer teknologi, pengembangan dan produksi bersama, sampai kepada soal keamanan. “Saya ingin menggaris bawahi salah satu prinsip kebijakan pertahanan Indonesia 2020–2024, yaitu mengembangkan dan meningkatkan kerja sama internasional di bidang pertahanan, termasuk bekerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan,” ungkap Menhan Prabowo.

Sebelumnya, Menhan Prabowo bersama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Ibu Retno Marsudi menghadiri pertemuan 2+2 dengan Menteri Luar Negeri Republik Prancis Catherine Colonna dan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis, Sébastien Lecornu.

Ini merupakan pertemuan bersejarah, karena pertama kalinya Indonesia melakukan pertemuan 2+2 dengan negara di Eropa. Kesempatan ini merupakan jalan masuk bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama strategis yang saling menghormati dan menguntungkan.

Di bidang pertahanan, hubungan Indonesia-Prancis menjadi yang terbaik dalam beberapa dasawarsa. Untuk itu, kerja sama di bidang pertahanan kedua negara akan terus ditingkatkan sehingga adanya alih teknologi dan akuisisi alat pertahanan, yang berarti hubungan ini menjadi hubungan jangka panjang bagi kedua negara.

Kita sangat puas dengan pertemuan ini, dan kita melihat suatu kerja sama strategis antara kedua negara dimasa-masa yang akan datang. (Biro Humas Setjen Kemhan/MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *