MiliterNasional

Kapuslapbinkuhan Kemhan Membuka Rapat Rekonsiliasi LRA Wilayah dan Eselon I TA.2023

Jakarta – Kepala Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan Kemhan Brigjen TNI Delvi membuka Rapat Rekonsiliasi Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Wilayah dan Eselon I Tahunan TA. 2023 di Jakarta, Senin (5/2).

Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memperoleh kesesuaian data perencanaan dan data realisasi anggaran yang tepat, akurat, dan akuntabel guna mendukung penyusunan laporan keuangan tahunan TA. 2023 unaudited yang memadai dari tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) sampai dengan tingkat Unit Akuntansi Pengguna Anggaran (UAPA).

“Rekonsiliasi LRA hari ini dilaksanakan bukan hanya untuk mendapatkan kesesuaian data laporan realisasi anggaran saja, namun juga untuk mendapatkan kesesuaian data laporan keuangan tingkat satker yang telah dikonsolidasikan oleh seluruh Kepala Keuangan selaku Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W), dan selanjutnya akan direkonsiliasi dengan data laporan keuangan tingkat Eselon I (Unit Organisasi),” ujar Kapuslapbinkuhan.

Kapuslapbinkuhan berharap seluruh Kepala Keuangan menjadi koordinator pelaksanaan rekonsiliasi satker jajarannya dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh satker atau melanjutkan melaporkan ke unit akuntansi di atasnya apabila belum dapat terselesaikan.

“Puslapbinkuhan akan terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemkeu dalam hal ini Dit APK, Dit SITP, Dit PPK BLU dan Dit PA untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan,” sambung Kapuslapbinkuhan Kemhan.

Berdasarkan monitoring data yang diperoleh per tanggal 1 Februari 2024, realisasi anggaran Kemhan telah terealisasi sebesar 95,94% dari pagu yang telah ditetapkan, sehingga hasil dari realisasi anggaran Kemhan cukup memungkinkan untuk memperoleh penilaian terbaik dari BPK RI.

Hadir dalam rapat rekonsiliasi diantaranya, Wakapusku TNI, Dir APK DJPb Kemkeu RI diwakilkan Kasubdit BAIBUN Dit APK DJPb Kemkeu RI, Dir SITP DJPb Kemkeu RI, Inspektur II dan IV Itjen Kemhan, Kapus BMN, serta Pejabat Eselon III Kemhan dan TNI. (Biro Humas Setjen Kemhan/mtm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *