DaerahMiliter

Kapolres Lumajang Ajak Warga Ranuyoso aktifkan Siskamling

Lumajang – Perkembangan penduduk di suatu wilayah, tentu akan di ikuti dengan angka kriminilitas yang juga akan meningkat. Hal ini membuat peran aktif masyarakat menjadi sangat penting, dalam terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dalam kesempatan kali ini, kapolres lumajang AKBP. Mohammad Zainur Rofik,. S.I.K., menghadiri kegiatan pembinaan kemitraan polisi masyarakat di wilayah kecamatan ranuyoso, kamis (18/01/2024). Kapolres Lumajang dalam arahannya mengungkapkan agar siskamling yang sudah pernah dilakukan oleh masyarakat, dapat kembali diaktifkan dan ditingkatkan.

“Dulu kita pernah punya program siskamling, yang melibatkan masyarakat di wilayah, sehingga tercipta disana ada rasa saling menjaga, ada empati, dan ada rasa saling memiliki antar warga”, ungkap Akbp Zainur Rofik.

Pria yang baru satu bulan menjabat sebagai Kapolres Lumajang itu juga mengatakan, agar masalah kamtibmas di wilayah tidak menjadi sebuah masalah turunan, yang dapat menggangu kondusifitas di wilayah masing-masing. “Saya tidak ingin masalah kamtibmas di wilayah ini menjadi masalah turunan, jangan sampai itu,” terangnya . Sebagai orang nomor satu di jajaran polres Lumajang, Akbp Zainur Rofik juga menuturkan bahwa fenomena disini unik, pada saat ada kehilangan, masyarakat cenderung tidak mau melapor.

“Hal Ini yang menjadi tanda tanya besar saya, bahkan kami sampaikan ke anggota, Manakala memang ini ada aktor intelektual, akan saya tindak”, tegasnya. Kapolres lumajang berharap agar masyarakat aktif membuat laporan, apabila terjadi gangguan, sehingga sinergitas masyarakat dengan aparat dapat menghadirkan situasi Kamtibmas yang kondusif secara bersama-sama. (HUMAS POLRI/MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *