Uncategorized

Jumat Mubarok, Pengertian dan Keutamaannya

JUMAT di dalam agama Islam merupakan hari yang paling mulia. Di mana umat muslim dapat menjadikan Jumat sebagai hari khusus untuk memaksimalkan amal ibadah atau amal kebaikan, seperti ibadah sunnah, membantu sesama dan sedekah yang pahalanya akan dilipatkgandakan oleh Allah SWT. Di hari Jumat laki-laki muslim diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Jumuah ayat 9 yang artinya:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Jumat disebut juga sebagai hari raya bagi umat Islam. Hal ini sesuai dengan salah satu hadits yang artinya: “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat Islam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Diceritakan Abu Lubanah al-Badri, Rasulullah SAW bersabda bahwa pemimpin dari seluruh hari dalam setiap minggu yaitu hari Jumat. Menurut Rasulullah, Jumat merupakan hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan kedudukannya lebih mulia dibandingkan dengan Idul Fitri dan Idul Adha. Diriwayatkan Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Disebut sebagai Jumat mubarok karena pada hari Jumat dikenal dengan hari raya yang berulang. Maka tidak diperbolehkkan bagi umat islam untuk puasa khusus pada hari tersebut, tanpa didahului dengan puasa sebelum maupun sesudahnya supaya berbeda dengan Yahudi. Selain itu, agar tubuh menjadi kuat dan bertenaga untuk melaksanakan sholat Jumat.

Menurut Al Munawwir, berkah atau dalam bahasa Arab disebut barokah yang artinya yaitu nikmat. Sedangkan secara istilah, berkah (barokah) memiliki arto ziyadatul khair, yakni bertambahnya kebaikan. Sementara, menurut penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), berkah artinya karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Selain itu, para ulama juga menjelaskan mengenai arti berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan juga melimpah. Makna ini berlaku untuk berkah dalam hal material ataupun spiritual. Dalam sebuah hadits panjang yang diriwayatkan oleh Anas, Rasulullah SAW bersabda, “… tidak ada kerinduan yang dirasakan oleh penduduk surga melebihi kerinduan mereka kepada hari Jumat, agar mereka dapat melihat Tuhannya Subhanahu Wata’ala dan kemuliaan-Nya. Karena itu, hari itu disebut “Yaumul Mazid”.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Keutamaan Jumat Mubarok

Hari Jumat atau Jumat Mubarok memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Islam. Beberapa keutamaannya yaitu:

  1. Pada saat hari Jumat, terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa atau waktu di mana Allah akan mengabulkan doa-doa kita. Beberapa waktu tersebut dimulai dari dimulai dari duduknya imam sampai dengan pelaksanaan sholat Jum’at.
  2. Umat muslim yang menunaikan shalat Jum’at sesuai dengan tuntunan adab maupun tata cara yang benar sesuai sunnah, maka dosa-dosanya yang terjadi pada Jum’at tersebut dengan Jum’at sebelumnya maka akan diampuni Allah SWT.
  3. Di dalam hari Jumat terdapat keutamaan yang besar bagi umat muslim yang bersegera atau mendahulukan pergi ke masjid untuk shalat Jum’at.
  4. Hari ini Jumat merupakan hari berkumpulnya kaum Muslimin di dalam masjid-masjid untuk melaksanakan sholat Jumay dan se-belumnya mendengarkan dua khutbah Jum’at yang mengandung nasihat dan ajaran untuk menjadi lebih baik.

Begitulah Jumat Mubarok artinya bagi umat muslim. Hari tersebut menjadi salah satu hari yang memiliki kedudukan paling mulia di sisi Allah SWT. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *