DaerahHiburanInternasionalPariwisata

Tiket Masuk Taman Nasional Komodo 3,75 Juta

Biaya masuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) rencananya akan menjadi Rp 3,75 juta per orang untuk satu tahun, yang dibayarkan secara kolektif per empat orang menjadi Rp 15 juta, mulai 1 Agustus 2022. Sebagai informasi, biaya Rp 3,75 juta bukanlah harga tiket, melainkan biaya konservasi yang ditetapkan sebagai kompensasi atas hilangnya nilai jasa ekosistem taman nasional itu, akibat lonjakan kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun belakangan.

Itu dipastikan tidak benar oleh Carolina Noge, Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di TN Komodo, dalam keterangannya, Jumat, 1 Juli 2022. “Penetapan biaya sebesar Rp 3,75 juta per orang yang berlaku selama satu tahun merupakan biaya kontribusi untuk program konservasi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan Sekitarnya, dan bukan sekedar harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo,” jelasnya.

Carolina menambahkan, “Pengunjung yang akan melakukan kunjungan wajib registrasi dan reservasi secara online satu pintu melalui aplikasi. Kemudian, pembatasan pengunjung melalui registrasi online, serta penerapan biaya kontribusi ini akan digunakan untuk upaya konservasi.” Di kesempatan lainnya Dr. Irman Firmansyah, yang melakukan Kajian Daya Dukung Daya Tampung (DDDT) Berbasis Jasa Ekosistem di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitar di Taman Nasional Komodo, mengatakan, “Jika seorang wisatawan datang mengunjungi suatu tempat, pastinya ada nilai ekosistem yang berkurang.” (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *