DaerahEkonomi & BisnisNasional

Gubernur Zulkieflimansyah Dampingi Presiden Tinjau Proyek Smelter di NTB

GUBERNUR NTB Zulkieflimansyah didampingi Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto, Danrem 162 WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo dan para pejabat lainnya menyambut kedatangan Presiden Jokowi yang diagendakan untuk meninjau proyek pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sumbawa Barat dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. “Presiden diagendakan untuk meninjau proyek pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT),” kata siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (20/06/2023).

Smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara dibangun dengan kapasitas input sebanyak 900.000 ton konsentrat per tahun dan direncanakan tuntas pada 2024 mendatang. “Hari ini saya datang ke Sumbawa Barat di proyek smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara untuk memastikan smelter selesai dibangun pertengahan tahun 2024,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyebut, progres pembangunan pabrik smelter itu kini mencapai di atas 51 persen. Pihaknya ingin memastikan pembangunan terus berlanjut dan selesai sesuai target. “Sampai saat ini perhitungan sudah selesai di atas 51 persen. Jika lapangan dan konstruksi sesuai jadwal, pada pertengahan April 2024 selesai,” jelasnya.

Presiden juga menyampaikan jika pembangunan smelter telah selesai dan siap berproduksi, baik yang berasal dari nikel, tembaga, bauksit, maupun timah, maka akan memberi nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi perekonomian dalam negeri. “Baik berupa nilai ekspornya, juga membuka lapangan sebanyak-banyaknya” ungkap Jokowi.

Gubernur Zulkieflimansyah turut menegaskan bahwa Proyek Smelter tersebut akan selesai tahun depan dan memberikan dampak ekonomi bagi warga NTB. “Insya Allah Mei 2024 Proyek Smelter ini selesai dan akan membuat ekonomi NTB semakin berkembang dan maju,” tulisnya dikutip dari akun resmi Bang Zul Zulkieflimansyah.

Dalam kunjungan tersebut, beberapa menteri turut mendampingi Jokowi. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *