DaerahNasionalPendidikan

Gubernur Zul Tindaklanjuti MoU Pemprov NTB Dengan Universitas Nottingham

GUBERNUR NTB Dr. H Zulkieflimansyah menindaklanjuti nota kesepahaman atau MoU antara Universitas Nottingham Inggris dan Pemprov NTB. Di awal pekan kemarin, Gubernur bertemu dengan dua Ilmuwan ternama dari University of Nottingham yaitu Prof. Ian Fisk dan Prof. Pat Willer. Hadir juga Prof. Bagus Muljadi dari Indonesia yang kini mengajar di Nottingham.

Melalui unggahan di sosial medianya, Bang Zul menyatakan bahwa para ilmuwan ternama dari University of Nottingham tersebut akan segera datang NTB guna menindaklanjuti kerjasama antara kedua belah pihak. Sebab di bulan Februari kemarin, NTB dan University of Nottingham menandatangani kerjasama di bidang lingkungan dan pendidikan. “Insya Allah mereka-mereka ini bulan Mei & Juni ini akan berkunjung ke NTB dengan biaya mereka sendiri untuk menjalin kolaborasi dengan kampus-kampus di NTB dan juga UKM-UKM kita di NTB,” kata Gubernur Zulkieflimansyah, Senin (24/04/ 2023).

Bang Zul  mengatakan, para mahasiswa dan staf pengajar dari NTB bisa berkunjung dan memanfaatkan laboratorium science dan technology yang canggih-canggih di Universitas Nottingham ini. Hal ini bagian dari kolaborasi atau kerjasama pendidikan dalm rangka peningkatan sumberdaya manusia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Siti Rohmi Djalilah bersama rombongan terbang ke Inggris untuk melakukan penandatangan Letter of Intent (LoI) atau MoU dengan Universitas Nottingham terkait kerjasama di bidang lingkungan dan pendidikan pada tanggal 16 Februari 2023 bertempat di kampus Notthingham University di Notthingham City.

Saat itu, Wakil Gubernur NTB menandatangani kerjasama tersebut bersama Tim dari Notthingham University, David Ouchterlonie Global Enggagament Director, Prof. Patrick Wheeler, Prof Meryem Duygun, Dr Nicole Yang, dan Prof. Dr. Bagus Muljadi.

Rohmi mengaku kerjasama dengan Nottingham University, salah satunya bertujuan untuk mendukung tujuan mulia net zero emission 2050. Target Net Zero Emission (NZE) Provinsi NTB sendiri diharapkan dapat tercapai 2050. Strategi yang dilakukan adalah kolaborasi multi pihak untuk mensinergikan sumber daya yang ada untuk bekerja sama.

Mr. Summer Xia selaku Country Director Indonesia & Southeast Asia dalam kesempatan tersebut mengaku sangat mendukung inisiasi kerjasama antara NTB dan Nottingham University, dan siap mengambil peran aktif untuk menjembatani kegiatan kerjasama ini.

 

Mr. Summer Xia juga menekankan bahwa kerjasama ini bisa mendorong transfer pengetahuan dari hasil riset terkait perubahan iklim dan bertukar ide untuk mencapai net zero emisssion. Banyak potensi yang dapat dikembangkan terkait pendidikan, manajemen pengelolaan sampah, infrastruktur hijau. Pihaknya sangat berharap agar kolaborasi ini dapat memberikan hasil nyata yang mendukung pembangunan rendah karbon.

Sementara itu, Pihak Notthingham University yang diwakili David Ouchterlonie Global Enggagament Director mengatakan sangat senang bisa bekerjasama dengan pemerintah provinsi NTB secara langsung, Banyak potensi keahlian dari para peneliti di Nottingham University yang dapat dioptimalkan untuk mendukung NTB mencapai NZE 2050. Dukungan untuk NZE 2050 menjadi prioritas dengan membangun sinergi dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menjadi kekuatan dari Nottingham University.

Lebih lanjut David mengatakan kegiatan penandatanganan naskah LoI menjadi momentum yang baik untuk integrasi lintas keilmuan untuk NZE 2050 di NTB. Kesamaan visi target ambisi NZE 2050 dari pemerintah provinsi NTB dan Nottingham University menjadi pengikat yang kuat untuk keberhasilan pelaksanaan kerjasama untuk mendukung pengurangan emisi. “Kami sangat berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat NTB dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan,” ujar Gubernur Zulkieflimansyah diakun pribadinya. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *