DaerahEkonomi & BisnisNasional

Gubernur Herman Deru Pastikan Tol Indralaya-Prabumulih Sudah Bisa Dilalui Pemudik

GUBERNUR Sumsel Herman Deru menepati janjinya mendorong percepatan pembangunan tol Indralaya-Prabumulih agar dapat dimanfaatkan masyarakat pada musim mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Terkait hal itu, Gubernur Herman Deru mengecek langsung kesiapan fungsional tol Indralaya-Parabumulih tersebut pada Jumat (14/04/2023) pagi.

Gubernur Herman Deru memastikan tol Indralaya-Prabumulih sudah dapat difungsikan bagi masyarakat umum. Hal itu berdasarkan hasil pengecekan langsung yang dilakukannya bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Sumsel serta Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani dan jajaran PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Meski pemberlakuannya terbatas mulai pukul 07.00-16.00 WIB, namun fungsional jalan tol ini diharapkan dapat maksimal mem-back up arus mudik Lebaran di Sumsel. “Ini janji yang sudah kami tepati bahwa sebelum Lebaran jalan tol ini sudah dapat digunakan untuk arus mudik. Sifatnya memang baru fungsional untuk memperlancar arus mudik dari Jakarta, dan pulau Jawa yang mau ke Prabumulih bisa lewat tol ini,” kata Herman Deru.

Dia juga mengimbau masyarakat yang hendak melewati tol ini agar menyiapkan BBM untuk perjalanan sejauh 64 KM. “Saya ingatkan agar BBM-nya dicukupi dulu, karena SPBU-nya belum ada. Tapi musala dan rest areanya ada dan bagus. Sudah saya cek langsung,” pesannya.

Setelah difungsionalkan jelang Idulfitri, diperkirakan akhir Juni atau awal Juli jalan tol ini sudah bisa diujicobakan. Adapun operasionalnya baru akan dilakukan setelah Surat Layak Operasi (SLO) diterbitkan. Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga tak lupa mengingatkan PT HKI agar berkoordinasi dengan Dishub dan Polres setempat mengenai rambu-rambu jalan. Hal ini menjadi perhatiannya agar pengguna jalan tol dapat nyaman dan aman selama melintas. “Jadi kami tidak gagal janji untuk mem-backup arus mudik. Setelahnya baru ini ditutup lagi dan diselesaikan seluruhnya, karena saat ini progres konstruksi pembangunan sudah mencapai 94 persen,” tegasnya.

Kesempatan itu juga tidak disia-siakan Gubernur Herman Deru untuk melestarikan kearifan lokal dengan meminta PT HKI menambahkan simbol tanjak pada sejumlah bangunan di jalan tol. Dia bahkan memuji jalan tol tersebut merupakan salah satu jalan tol terindah. Seperti diketahui Tol Indralaya-Prabumulih memiliki panjang 64,5 km dan didesain untuk kecepatan maksimal 100 km/jam.

Tol ini memiliki dua simpang susun (interchange), yakni Interchange Indralaya dan Interchange Prabumulih. Sementara itu, Project Direktor HKI untuk Tol Indralaya-Prabumulih Sardjono mengatakan fungsional jalan tol akan dilakukan pada 15-30 April. Ruas tersebut direncanakan dapat digunakan secara fungsional menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. “Penyelesaian pekerjaan bangunan masjid dan toilet di rest area sudah kami lakukan agar dapat digunakan masyarakat umum oleh masyarakat pengguna jalan tol pada musim mudik Lebaran 2023,” kata Sardjono. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *