InternasionalPariwisataPolitik

Destinasi Wisata di Labuan Bajo, Lokasi KTT ASEAN 2023

LABUAN BAJO, Nusa Tenggara Timur (NTT) kini menjadi fokus perhatian lantaran menjadi venue atau lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, yang akan berlangsung 9-11 Mei 2023. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (07/05/2023).

Presiden datang untuk mengecek persiapan akhir lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  ASEAN 2023. Ia datang sekaligus mulai berkantor di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. “Semuanya sudah siap. Sudah kemarin kita terakhir itu habis Lebaran sudah kita cek semuanya sudah siap, intinya tinggal pelaksanaan.” ujar Jokowi kepada wartawan di Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Jokowi menyebut, pihaknya bersama sejumlah kementerian mulai berkantor di Labuan Bajo untuk pelaksanaan KTT ASEAN. “Konsentrasi di ASEAN Summit, semua kementerian dan lembaga konsentrasi di sini. Saya kira semuanya terlibat, karena memang baik dalam penyambutan, baik dalam penyiapan kulinernya, homestay ya, semuanya. Kita siapkan juga kapal disiapin,” ungkap dia.

Terlepas dari penyelenggaraan KTT ASEAN, Labuan Bajo belakangan kian terkenal karena pesona wisata alamnya yang sangat indah. Berwisata di Labuan Bajo bahkan menjadi impian banyak orang. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona Labuan Bajo, dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang berada di seputar Labuan Bajo. Berikut daftar destinasi wisata di seputar Labuan Bajo:

 

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu destinasi yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki daya tarik besar karena pengunjung dapat melihat langsung komodo yang hidup secara liar. Anda dapat melihat kehidupan komodo dengan tiga macam pilihan tracking, yaitu short track, medium track, serta long track. Melalui tiga macam track tersebut Anda dapat melihat komodo sekaligus keindahan alam yang ada di Labuan Bajo.

Berdasarkan informasi resmi Taman Nasional Komodo, untuk memasuki pulau tersebut bagi warga negara Indonesia (WNI) pada Senin-Sabtu sebesar Rp5.000 per orang dan untuk hari Minggu dan libur sebesar Rp7.500 per orang. Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) yang ingin mengunjungi pulau tersebut akan dikenai tarif sebesar Rp150.000 per orang untuk Senin-Sabtu dan Rp225.000 per orang untuk Minggu dan libur nasional.

 

Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini tidak terletak jauh dari Pulau Komodo. Sama seperti Pulau Komodo, pulau ini memiliki keindahan alam yang berada di sekitar dengan hewan komodo. Dilansir laman resmi Kemenparekraf, untuk harga tiket masuk pulau ini sebesar Rp3,75 juta berlaku di pulau yang ditetapkan sebagai wilayah konservasi. Namun, untuk harga tiket masuk masih sama dengan Pulau Komodo sebesar Rp5.000 per orang.

 

Pulau Padar

Pulau Padar terletak tidak jauh dengan Pulau Rinca. Pulau ini hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Keindahan yang terdapat pada Pulau Padar ini meliputi air laut yang berwarna hijau dan biru serta jajaran pulau kecil-kecil yang indah berwarna hijau. Untuk menikmati keindahan alam dengan birunya lautan di Pulau Padar, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang. Sama dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca, pengunjung juga dapat melihat keindahan Pulau Padar.

 

Pink Beach

Pink Beach merupakan tempat wisata di Labuan Bajo, berupa pantai dengan pasir yang berwarna pink. Warna pink ini berasal dari campuran pasir putih dengan serpihan karang, cangkang, serta invertebrata yang berwarna merah. Pantai ini menjadi salah satu destinasi populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk memasuki pantai ini cukup tergolong murah untuk wisatawan lokal sebesar Rp10.000 dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp50.000. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai pasir pink di Labuan Bajo.

 

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa merupakan tempat wisata di Labuan Bajo berupa pulau kecil dengan hamparan bintang laut di sepanjang pantai. Pulau ini menjadi salah satu pulau dengan keindahan laut yang berada di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki gradasi warna air laut berwarna biru dengan pondok-pondok kecil di tepi pantai yang dikelilingi oleh rindangnya pohon di sekitar. Untuk memasuki pulau ini, pengunjung dikenai tarif sebesar Rp100.000 per kapal dan sudah dapat menikmati indahnya pantai dengan air biru di Labuan Bajo.

 

Wae Rebo

Wae Rebo merupakan desa yang terkenal dengan adat tradisional yang masih melekat serta keindahan pada desa tersebut. Melalui desa ini, pengunjung dapat belajar mengenai budaya dan kisah hidup suku Manggarai di Desa Wae Rebo. Memiliki budaya yang masih sangat kuat tidak heran jika desa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mempelajari budaya setempat. Untuk memasuki wisata ini, tarifnya mulai Rp250.000 per orang. Pengunung dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di Desa Wae Rebo ini.

 

Desa Tradisional Bena, Bajawa

Selain Wae Rebo yang indah, terdapat juga desa tradisional Bena, Bajawa, yang tak kalah menarik. Di desa ini, pengunjung bakal disuguhi latar belakang pemandangan Gunung Inerie yang dapat dinikmati dari puncak desa ini. Selain keindahannya, pengunjung juga dapat belajar budaya setempat. Memasuki desa ini, pengunjung dikenai tarif tiket Rp25.000 per orang dan sudah bisa menikmati keindahan alam serta belajar mengenai budaya masyarakat desa setempat.

Ada banyak pilihan wisata di Labuan Bajo dan Anda tinggal memilih mana yang ingin dikunjungi. Menurut Jokowi, KTT ASEAN 2023 adalah momentum yang sangat baik bagi NTT. “KTT diadakan di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di NTT,” tutupnya. (MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *