HukumMiliterNasionalPolitik

Bahas Soal Kebangsaan, Menhan Prabowo Bertemu Jenderal SBY di Pacitan

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung menemui mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Museum dan Galeri SBY-ANI, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023), sekitar pukul 10.00 WIB.

Pertemuan Prabowo dan SBY dalam rangka silaturahmi dan halalbihalal. “Tadi saya sempat berjumpa dengan Pak SBY sebagai senior saya. Kita dulu sama-sama pernah bertugas dan berasal dari pendidikan Akademi Militer, Magelang. Jadi Saya dan Pak SBY saling menyambung rasa dan melanjutkan suatu persahabatan, suatu tali silaturahmi,” ujar Menhan Prabowo.

Selain silaturahmi, Menhan juga menyampaikan pertemuannya dengan SBY untuk membahas banyak hal yang menyangkut kebangsaan. Menhan Prabowo mengatakan, pertemuan itu silaturahmi sekaligus penghormatan kepada senior semasa aktif di TNI. Menhan Prabowo adalah alumni Akmil tahun 1974 dan Jenderal SBY pada tahun 1973. Keduanya sama menjalani pendidikan militer di Akabri Darat Magelang hingga meniti karier di TNI AD.

Menhan Prabowo dan SBY sama-sama dikenal sebagai sosok prajurit yang hebat dan dikenal banyak memiliki pengalaman operasi tempur. Menhan Prabowo beberapa kali mendapat kenaikan pangkat luar biasa karena prestasinya di medan laga. Menhan Prabowo juga pernah dikirim ke Jerman setelah tahun 1980-an untuk belajar pada satuan polisi elite Jerman Barat, Grenzschutzgrupppe 9 (GSG-9).

Sementara itu, SBY dikenal sebagai andalan kompi dengan pemikiran yang cakap dengan kemampuan teknik dan strategi. SBY juga pernah dikirim mengikuti kursus ranger dan airborne di Amerika pada 1975. SBY dan Menhan Prabowo juga pernah mengalami penugasan yang sama dalam operasi militer penting di Timor Timur (kini Timor Leste)

Karier keduanya terus meningkat, Menhan Prabowo pernah menduduki jabatan sebagai Danjen Kopassus, sementara Jenderal SBY pernah menjabat sebagai Pangdam Sriwijaya. (Biro Humas Setjen Kemhan/MTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *