HukumPolitik

Akrab dengan Mega, Prabowo Dampingi Jokowi pada Pelantikan Panglima TNI

Saat damping Presiden Jokowi, Prabowo terekam akrab dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang hadir di pelantikan.

Sempat Salah Baca Sumpah Jabatan

Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara pada Senin, 19 Desember 2022. Yudo dilantik jadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.  Saat momen pengambilan sumpah, Yudo sempat mengalami keliru saat mengucapkan kalimat terakhir. Hal itu membuat Jokowi mengulang kembali kalimat sumpah yang keliru tersebut.

Pengangkatan Laksamana TNI Yudo sebagai Panglima TNI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI/2022, yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 19 Desember 2022. Setelah pembacaan sumpah, Yudo langsung tandatangan surat disaksikan Menteri Prabowo. Sebelum diambil sumpah jabatan, Jokowi sempat menanyakan kepada Laksamana Yudo apakah bersedia diambil sumpahnya menurut agama Islam. “Bersedia,” jawab Yudo.

Yudo pun mengikuti sumpah jabatan yang lebih dulu dibacakan oleh Jokowi. ‘Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit’. Namun, Laksamana Yudo salah mengucap sumpahnya kalimat terakhir ini. “Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sikap prajurit,” kata Yudo.

Jokowi mesti mengulang kembali kalimat terakhir sumpah tersebut. “Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Jokowi. Akhirnya, Yudo mengucap sumpahnya sesuai dengan yang disampaikan Jokowi. “Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Yudo.

Dalam acara pelantikan Panglima TNI, hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Lalu, hadir juga Jenderal Andika Perkasa memakai baju dinas warna hijau dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemudian, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Syarifuddin dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir.

Prabowo Akrab dengan Mega

Saat pelantikan Panglima TNI, Prabowo terekam akrab dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang hadir di pelantikan. Dalam keterangan tertulis Tim Media Prabowo Subianto yang diterima mataharinews, Senin (19/12/2022), Prabowo hadir sebagai saksi penandatangan berita acara Pengangkatan dan Pelantikan Panglima TNI bersama Menko Polhukam Mahfud Md. Prabowo mengenakan setelan jas biru tua dan kopiah hitam. Prabowo juga berjabat tangan dengan Yudo seusai pelantikan.

Prabowo juga mendampingi Jokowi memberikan keterangan pers bersama Yudo. Dalam pesannya kepada Yudo, Jokowi mengingatkan agar senantiasa menjaga kedaulatan NKRI serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

Dalam salah satu foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden, terekam momen hangat Prabowo bersama Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Megawati, dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Prabowo, yang mengenakan masker, saat itu berdiri menghadap Jokowi.

Jokowi terlihat tertawa sembari mengangkat kedua tangannya setinggi dada. Megawati terlihat melihat ke arah Prabowo. Jokowi tertawa. Suasana hangat terlihat dalam foto tersebut.

Dalam foto yang lain, Prabowo terlihat sedang memperhatikan Megawati. Jokowi masih terlihat tertawa di foto tersebut.

Pelantikan Yudo digelar berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Laksamana Yudo resmi menjabat Panglima TNI baru menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki masa purnatugas. (Humas Kemenhan/MT Media)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *